Rabu, 03 Agustus 2011

Manfaat sambal

| Rabu, 03 Agustus 2011 | 11 comments

Saya suka sekali sama sambal. Tiap hari tiada hari tanpa sambal, lucunya saat makan pun harus disertai dengan sambal dan jika tanpa sambal terkadang saya tidak mau makan. Awalnya saya pikir sambal tidak bermanfaat, hanya membuat sakit perut dan ketagihan.
Manfaat sambal baru saya sadari saat 2 hari tidak mengkonsumsi sambal. Saya menjadi pusing dan pilek, lucunya saat mulai makan sambal pada hari ke-3 saya sudah tidak pusing lagi dan pilek saya membaik.
Saya segera coba cari manfaat sambal dan ternyata di balik nikmatnya sambal yang mampu merangsang nafsu makan sambal itu sendiri(ketagihan), ternyata terdapat juga zat-zat gizi yang dapat mencegah terjadinya stroke, penyakit jantung, sakit kepala dan impotensi.



Maka, beruntunglah anda yang menyukai dan tahan rasa pedas pada sambal atau cabai, karena mengetahui banyaknya manfaat sambal, bagi yang tidak suka sambal, ada baiknya mulai mencoba sedikit sambal yang tidak terlalu pedas, mengingat banyaknya khasiat cabai yang terkandung dalam sebuah sambal.
Di luar dugaan kita, sambal sesungguhnya merupakan bahan makanan kaya zat gizi. Cabai rawit yang merupakan komponen utama pembuatan cabai banyak mengandung vitamin C dan betakaroten (provitamin A), mengalahkan buah-buahan populer seperti mangga, nanas, pepaya, atau semangka. Bahkan kadar mineralnya, terutama kalsium dan fosfor, mengungguli ikan segar.
Kapsaisin bersifat antikoagulan, dengan cara menjaga darah tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. Kegemaran makan sambal juga bermanfaat memperkecil kemungkinan menderita penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis), sehingga mencegah munculnya serangan stroke dan jantung koroner, serta impotensi.
Kapsaisin juga baik dikonsumsi ketika sakit kepala menyerang. Rasa pedas dari kapsaisin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf. Terhambatnya perjalanan sinyal ini akan mengurangi rasa sakit.
Pada saat yang sama kapsaisin akan mengencerkan lendir, sehingga dapat melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung, termasuk sinusitis.
Kapsaicin yang berumus molekul C18H28O3N lantaran sifatnya itu maka dipercaya para ahli sebagai peredam rasa sakit. Berbagai obat gosok yang kita kenal sehari-hari umumnya menggunakan senyawa ini sebagai 'zat aktifnya'.
Namun, konsumsi kapsaisin tidak boleh berlebihan karena dapat meningkatkan asam lambung sakit perut

Sekarang siapa lagi yang mau bilang sambal tidak bermanfaat??? Bahkan jika dibaca menurut penjelasan diatas dapat kita ketahui ternyata manfaat sambal dan kerugian sambal, masih lebih banyak manfaat sambal.

11 comments:

Acernoval mengatakan...

ohh gitu ya sob

Award DAW-XP Juli 2011 mengatakan...

tapi katanya sambal juga bisa bikin batuk, apakah bener?

ketawajedikman mengatakan...

wah kalau itu saya tidak tahu.. tapi memang jika batuk sebaiknya tidak mengkonsumsi cabai dulu

AreaPanas mengatakan...

loro weteng aku mangan sambel koyok ngono.....

anonim mengatakan...

so, berarti manfaat sambal lbh banyak drpd kekurangan sambal

Ade Ajeng Febriyani mengatakan...

iya tuhh, bener bgt . kalo makan ngga ada sambel, rasa'y hambar .. makan singkong aja, harus d colek sambel .. hehe

Ade Ajeng Febriyani mengatakan...

iya tuhh, bener bgt . kalo makan ngga ada sambel, rasa'y hambar .. makan singkong aja, harus d colek sambel .. hehe

Murni mengatakan...

=(( Pokok'e janT...mentep decH... pha Lg Yg bikin ibu'q.. hmmmm.... EnyaK-enYak-enyaK......

sikoplac mengatakan...

sambal memang gak da duanya dah om.. hehehe..

Dhede Imanine mengatakan...

wahaha berarti gue gak rugi jadi pecinta sambal.

Anonim mengatakan...

thanks ya buat infonya sangat membantu :D

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com