Kamis, 05 September 2013

Tips Anak Kost : Cara Mengurangi Pemakaian Listrik

| Kamis, 05 September 2013 | 1 comments

Kali ini saya ingin berbagi tips untuk mengurangi pemakaian listrik, terutama buat anak kost. Sebenarnya postingan ini lebih disarankan pada anak kost yang harus membayar lagi untuk biaya pemakaian listrik (biaya listrik diluar biaya kamar).


Hidup ng-kost membutuhkan biaya yang tidak sedikit, saya juga merasakan bagaimana pengeluaran jumlah besar harus dikeluarkan setiap bulannya. 
Apalagi kalau kita ng-kost di tempat yang listriknya tidak free, alias harus bayar lagi setiap pemakaian per Kwh. 
Saya memulai hidup kost di Surabaya beberapa bulan yang lalu, setiap pemakaian listrik kost saya mengenakan pembayaran Rp. 1500/kwh. 
Saya mencoba mengakali pemakaian listrik setiap harinya dan hasilnya, setiap bulan saya hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp. 30.000,00 - Rp. 40.000,00 untuk pembayaran listrik.

Bagaimana cara saya mengurangi pemakaian listik ini?? Saya akan membeberkannnya dipostingan kali ini.

1. Cara mengurangi pemakaian listrik di kost yang pertama adalah dengan mengurangi pemakaian AC. 
Jika kalian ketahui keadaan cuaca di Surabaya amat panas, tidak mungkin seseorang di dalam kamar tidak menggunakan AC untuk menyejukkan ruangan. 
Dilain pihak, AC memakan penggunaan listrik yang tidak sedikit. Saya mengakali pemakaian AC ini dengan menggunakan kipas angin, selain lebih hemat penggunaan kipas angin juga mengurangi bahaya global warming.

2. Meluangkan waktu lebih banyak di kampus atau tempat nokrong.
Jika kalian adalah mahasiswa atau mahasiswi maka luangkanlah waktu lebih banyak di kampus anda, seperti kerja tugas bersama teman, mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, dll. Dijamin anda akan mengurangi pemakaian listrik kost anda. 
Jika kalian bekerja maka luangkanlah waktu lebih banyak di tempat yang asyik buat nokrong. hal ini juga efektif menghilangkan kejenuhan setelah bekerja.

3. Melakukan charge di kampus atau tempat kerja.
Sebenarnya hal ini memalukan untuk dilakukan, tapi dijamin penggunaan listrik di kost anda akan berkurang. Jika kalian mahasiswa dan berada di kampus, lakukannya charge hp atau laptop di dalam tempat nokrong kampus.
Jika kalian bekerja, lakukanlah charge hp atau laptop di tempat kerja.

4. Mengurangi pemakaian lampu.
Terkadang seseorang harus tidur menggunakan lampu, ubahlah kebiasaan ini. Selain mengurangi pemakaian listik di kost, tidur dengan keadaan gelap gurita dapat mempercepat terlelap dan meningkatkan produksi hormon melatonin untuk mengusir penyakit. Jika mau lebih ekstrim seperti saya, janganlah menggunakan lampu kecuali pada saat belajar.

5. Menginap bergilir di kost teman.
Sebagai mahasiswa atau pekerja kerap kali kita tidak sempat meluangkan waktu dengan teman-teman kita. Oleh karena itu menginap secara bergantian di kost teman patut dilakukan. Selain dapat berkumpul dengan teman, kita juga bisa menghemat pemakaian listrik di kost kita. Asalkan sesekali kost kita yang jadi tempat menginap. hehehe

itulah beberapa tips dari saya untuk mengurangi pemakaian listrik terutama untuk anak kost. Semoga bermanfaat dan juga berdampak pada pembayaran listrik kalian

1 comments:

Novanda ST mengatakan...

wah mantap nih bro.. patut di coba
sayang saya nggak nge kos nih bro :D

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com