Selasa, 05 Juli 2011

Kesalahan Seputar Kesehatan Mata

| Selasa, 05 Juli 2011 | 3 comments

Kesehatan mata adalah jendela dunia. Kesehatan mata amat diperlukan, agar mata dapat digunakan dengan baik untuk melihat secara visual. Kesehatan mata memang sangat penting dan perlu dijaga, tapi ada beberapa kesalahan seputar kesehatan mata. Beberapa kesalahan seputar kesehatan mata ini pernah dikemukakan oleh Prof Dr Diany Yogiantoro Soebadi SpM-(K), jadi kesalahan seputar kesehatan mata ini tidak saya karang-karang. Ini beberapa kesalahan seputar kesehatan mata




1. Baca ditempat gelap

Ini adalah kesalahan seputar kesehatan mata yang pertama. Banyak yang beranggapan baca ditempat gelap dapat merusak mata. Sebenarnya penerangan yang kurang tidaklah merusak mata. Hanya saja pada saat membaca ditempat yang gelap mata akan jadi cepat lelah. Karena itu harus diupayakan anak membaca ditempat yang cukup terang.

2. Baca sambil tiduran

Semua guru fisika pasti tahu ini merupakan kesalahan seputar kesehatan mata. Banyak orang tua melarang anaknya membaca sambil tiduran. Sebenarnya membaca sambil tiduran tidak merusak mata, tapi membaca dalam posisi tiduran harus tetap dalam posisi membaca yang ideal yaitu 30 cm. tapi terkadang dalam posisi tidur jarak membaca tidak tetap (kurang dari 30cm) sehingga membuat akomodasi mata berubah juga.

3. Nonton tv terlalu dekat

Ini kesalahan seputar kesehatan mata yang sering dilarang orang tua. Sebenarnya nonton tv terlalu dekat tidak menyebabkan mata minus. Namun orang tua harus curiga jika anak anda terlalu dekat menonton tv, karena biasanya hal ini dipicu oleh rabun jauh.

4. Jarang pakai kacamata

Teman –teman saya pun sering salah seputar kesehatan mata yang satu ini. Banyak orang berkata jika mata minus dan tidak memakai kacamata hal ini akan menambah minus orang tersebut. Sebenarnya kacamata hanya alat bantu penglihatan dan tidak ada hubungannya dengan penambah minus seseorang.

5. Tidak suka sayur

Banyak juga kesalahan seputar kesehatan mata yang satu ini. Banyak yang bilang kurang asupan sayur terutama vitamin A dapat mengakibatkan mata minus,jika makan sayur dapat menjaga kesehatan mata. Sebenarnya vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan mata, tapi kekurangan vitamin A pada sayur tidak sama dengan penyebab mata minus. Penyebab mata minus adalah kelainan bentuk mata, dan bukan akibat kurang vitamin A.

6. Konsumsi wortel

Mungkin ini adalah kesalahan seputar kesehatan mata yang paling umum. Konsumsi wortel dianggap bias mengurangi kacamata orang minus. Sebenarnya wortel atau makanan apapun yang mengandung vitamin A hanyauntuk menjaga kesehatan mata dan tidak berefek untuk mengurangi kacamata seseorang.

7. Sering pakai computer

Radiasi computer sering kali dianggap dapat merusak mata. Ini adalah kesalahan seputar kesehatan mata yang bahkan terjadi pada anak usia muda. Sebenarnya sama halnya dengan noton tv, menggunakan computer tidak merusak mata. Hanya saja jika menggunakan computer terlalu lama dapat melelahkan mata.

Lihat hamparan hijau

kesalahan seputar kesehatan mata yang terjadi pada orang tua. Memandang hampran hijau sering kali diangap dapat mengurangi mata minus. Sebenarnya bukan melihat hamparan hijau yang megurangi minus, tetapi melihat lingkungan sekitar yang segar dan melemparkan pandangan jauhyang bias mengurangi kelelahan mata dan melatih lensa bias melihat dengan lebih nyaman.

Itulah beberapa kesalahan seputar kesehatan mata. Ini merupakan fakta asli seputar kesalahan seputar kesehatan mata dan tidak sayai karang. Jadi jangan larang takut membaca ditempat gelap, sambil tiduran, dan lihat computer jika hal itu justru membuat kita nyaman dan menambah pengetahuan kita apalagi kalau sering buka blog saya (kekekeke).

3 comments:

DAW-XP mengatakan...

Yupz betul sekali. Aku sering bgt nge lakuin hal di nomer 7, melelahkan mata jika terlalu lama. :)

Bimbel Blogging mengatakan...

btul tuh..thanks ya dah sharing,dan jangan lupa jga komen balik di blogku ya

Obat Mata Minus mengatakan...

makasih...............

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com